Sabtu, 30 November 2013

Sejarah Software Prolog


Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau di sebut juga sebagai bahasa non-procedural. Namanya diambil dari bahasa Perancis programmation en logique (pemrograman logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.

Prolog merupakan singkatan dari Programming in Logic. Idenya berasal dari era 1970-an yang bertujuan untuk menggunakan logic (logika) sebagai bahasa pemrograman.
SWI-Prolog merupakan implementasi open source bahasa pemrograman Prolog, biasanya digunakan untuk mengajar dan aplikasi web semantik. Ini memiliki seperangkat kaya fitur, perpustakaan untuk pemrograman kendala logika, multithreading, unit testing, GUI, interfacing ke Jawa, ODBC dan lain-lain, server web, pengembang alat (termasuk sebuah IDE dengan GUI debugger dan profiler GUI), dan dokumentasi yang ekstensif.

Prolog dan LISP sangat lambat dalam eksekusi program dan memakan memori yang besar sehingga hanya kalangan tertentu yang menggunakannya. Dengan adanya Compileer Prolog, kecepatan eksekusi program dapat ditingkatkan, namun Prolog masih dipandang sebagai bahasa yang terbatas (hanya digunakan di kalangan perguruan tinggi dan riset.
Pandangan tersebut tiba-tiba berubah di tahun 1981 pada konverensi internasional I dalam system generasi kelima di Tokyo, Jepang. Jepang yang saat itu mengalami kesulitan bersaing dalam pemasaran komputer dengan Amerika Serikat, merencanakan pengembangan teknologi hardware dan software untuk tahun 1990-an. Dan bahasa yang dipilih adalah Prolog.
Sejak saat itu, banyak orang menaruh minat pada prolog dan saat itu telah dikembangkan versi prolog yang mempunyai kecepatan dan kemampuan yang lebih tinggi, lebih murah dan lebih mudah digunakan, baik untuk komputer mainframe maupun komputer pribadi sehingga Prolog menjadi alat yang penting dalam program aplikasi kecerdasan buatan (AI) dan pengembangan system pakar (expert system).
SWI-Prolog dapat berjalan dalam platform windows, linux dan macintosh, tapi setiap Platform berbeda cara dan tipe instalasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar